Kamis, Mei 19, 2022
BerandaArtikel4 Cara Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Kecil-kecilan

4 Cara Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Kecil-kecilan

Karlotapost-Artikel- Tips Mengelola Keuangan Bisnis Kecil-kecilan, menjalani bisnis pastinya harus memulai dengan mengetahui caranya terlebih dahulu, agar kita bisa mendapatkan keuntungan.

Setiap hari pasti terdapat banyak pengusaha baru yang mencoba peruntungan di dunia bisnis. Tentunya banyak orang yang sukses ataupun sebaliknya, dalam menjalankan bisnis.

Hal ini terjadi karena berbagai kendala, antara lain kurang tepat dalam mengelola keuangan. Sungguh sangat disayangkan jika hal tersebut menghambat kesuksesan pertumbuhan bisnis  yang sudah kita dirikan dengan susah payah.

Yuk simak  tipsnya mengelola keuangan untuk bisnis kecil.
4 Cara Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Kecil-kecilan
Foto : Doc Karlopost

1. Menghemat Pengeluaran

Satu kunci dalam mengelola keuangan bisnis yang baik yaitu menghemat pengeluaran. Apalagi jika kita baru terbilang pemula dalam berbisnis, pasti akan banyak biaya yang harus kita keluarkan.


Hindari untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu penting untuk bisnis dan tidak akan memberikan keuntungan untuk bisnis Anda kedepannya. Selain untuk bisnis Anda, tentunya hal ini juga bisa berlaku dalam mengelola keuangan pribadi Anda.

2. Sisihkan Keuntungan untuk Modal

Jika kita mendapat keuntungan, pasti menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kita sendiri. Namun jangan lupa bahwa keuntungan tersebut harus disimpan untuk modal bisnis kedepannya. Kalau bisa, sisihkan 50% dari keuntungan usaha untuk digunakan kembali sebagai modal usaha.

Selain membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik, hal ini juga akan memudahkan kita dalam mengelola keuangan bisnis. Jangan sampai keuntungan yang sudah diperoleh dengan susah payah habis begitu saja untuk hal-hal yang tidak penting.

BACA JUGA : 12 Bisnis Rumahan yang Trend untuk Pemula 2022 – Updated!

3. Menggaet Investor

Untuk mendapatkan modal dari keuntungan, kita juga bisa mendapat tambahan modal dari investor. Investor dapat memberi bantuan lewat dana, SDM, hingga arahan agar bisnis yang kita geluti bisa berkembang.

Namun, cara ini tidak semudah itu untuk dilakukan, karena menggaet investor untuk berinvestasi di bisnis tidaklah mudah.

Biasanya investor akan melihat peluang bisnis  sebelum memberikan bantuan berupa dana terhadap bisnis kita. Selain itu  juga perlu pintar-pintar dalam memilih investor.

4. Membuat Rencana Keuangan untuk Jangka Waktu Tertentu

Sebelum membangun usaha, siapkan rencana bisnis yang akan dijalankan dalam beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan.

Dari rencana yang telah di buat, ada baiknya untuk membuat anggaran dana agar pengelolaan keuangan tidak berubah terlalu jauh dari anggaran dana yang sudah dibuat.

Banyak sekali usaha yang tidak memiliki anggaran dana, sehingga keuangannya menjadi tidak teratur. Jika ingin usaha kecil yang kita jalani terus berkembang, buatlah anggaran dana dan jangan menggunakan dana perusahaan untuk hal-hal yang tidak penting.

BACA JUGA : Usaha Laundry. Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

RELATED ARTICLES

Most Popular