Kamis, Mei 19, 2022
BerandaJobApa itu marshaller pesawat?

Apa itu marshaller pesawat?

Marshaller pesawat adalah penanda visual antara situasi darat dan pilot di bandara, kapal induk, atau helipad. Tugasnya sebagai komunikator visual satu-satu dan bagian dari penanganan darat pesawat. 

apa itu marshaller pesawat via gtofreel
Ilustrasi marshaller pesawat (image src: pinterest.com)

Marshaller atau bisa disebut juru parkir pesawat merupakan alternatif, atau tambahan dari bantuan komunikasi radio antara pesawat dan pengatur lalu lintas udara. Perlengkapan biasa marshaller adalah rompi pengaman yang memantulkan cahaya, helm dengan penutup telinga akustik, dan sarung tangan atau tongkat sihir – suar yang diterangi dengan tangan.

Di bandara, marshaller memberi sinyal kepada pilot untuk terus berbelok, memperlambat, menghentikan, dan mematikan mesin, mengarahkan pesawat ke tempat parkir atau ke landasan pacu. Kadang-kadang, marshaller menunjukkan petunjuk arah ke pilot dengan mengendarai mobil “Follow-Me” (biasanya van kuning atau truk pick-up dengan pola kotak-kotak) sebelum turun dan melanjutkan pemberian isyarat, meskipun ini bukan standar industri.

Di bandara yang lebih sibuk dan dilengkapi lebih baik, marshaller diganti di beberapa stand dengan Visual Docking Guidance System (VDGS), yang ada banyak jenisnya.

Pada kapal induk atau helipad, marshaller memberikan izin lepas landas dan mendarat untuk pesawat dan helikopter, di mana ruang dan waktu yang sangat terbatas antara lepas landas dan mendarat membuat komunikasi radio menjadi alternatif yang sulit. 

Mengutip dari situs tirto.id, terdapat sejumlah isyarat tangan yang harus dilakukan marshaller dalam memberikan instruksi kepada pilot. Instruksi tersebut bermacam-macam, mulai dari aba-aba untuk menghidupkan/mematikan mesin, aba-aba untuk berjalan pelan, hingga perintah untuk berhenti. 

Apa fungsi dari marshaller atau tukang parkir pesawat?

Setidaknya ada tiga fungsi utama dari seorang marshaller.

Pertama, mencegah kecelakaan pesawat dengan memastikan bahwa apron (pelataran bandara atau tempat parkir pesawat) telah steril dan aman. 

Kedua, memastikan pesawat terparkir sempurna. 

Ketiga, menjaga kerapian dan ketertiban di landasan pacu. 

Dengan 3 fungsi di atas, maka bisa dipastikan bahwa tugas marshaller tidaklah mudah. Profesi ini bahkan terbilang sangat menantang, bukan hanya karena tanggung jawabnya yang besar, tetapi juga resikonya yang tinggi. 

Salah satu tantangan terberat seorang marshaller adalah ketika sedang bertugas saat cuaca buruk. Ketika terjadi cuaca buruk, penglihatan dan jarak pandang di bandara akan terbatas. Sedangkan marshaller harus tetap melaksanakan tugasnya dengan sempurna. 

Itulah kenapa perekrutan marshaller tidak bisa sembarangan. Seseorang yang ingin jadi marshaller harus menempuh pendidikan di institusi khusus penerbangan, mengikuti diklat ataupun pelatihan, hingga memiliki lisensi resmi.

Apa itu marshaller pesawat?


Hal penting terkait tugas marshhaller atau tukang parkir pesawat?

Seorang tukang parkir pesawat atau marshaller memiliki peran penting dalam ataupun landing pada suatu bandara. Marshaller bertugas memandu pesawat dari mulai lepas landas, pendaratan, sampai dengan saat akan parkir.

dikutip dari 99.co, beberapa fakta penting seputar marshaller diantaranya:

  • Memerlukan Syarat Akademik

Seorang marshaller mesti mengisi syarat akademik dan lisensi. Di Indonesia, kriteria menjadi marshaller mesti menempuh pendidikan paling tidak SMA/K.

Lalu, seorang marshaller pun harus pelatihan khusus berhubungan profesi tersebut.

Nantinya, Kementerian Perhubungan akan menerbitkan lisensi berserta rating dari seorang marshaller.

Lisensi yang didapatkan pun mempunyai masa berlaku, yakni melulu berlaku sekitar tahun dan mesti diperpanjang andai masa berlakunya sudah habis.

  • Banyak Aturan Khusus

Berbeda dengan tukang parkir biasa, marshaller mesti mematuhi tidak sedikit peraturan yang ketat.

Bahkan, seorang marshaller melulu dapat memarkirkan lima pesawat masing-masing harinya.

Umumnya, mereka dapat bekerja sejumlah 13 jam sehari atau dipecah menurut shift.

  • Dilengkapi Alat Khusus

Dalam menjalankan tugasnya, juru parkir pesawat dilengkapi dengan perangkat khusus guna menunjang tugasnya.

Perlengkapan juru parkir pesawat laksana penutup telinga guna meredam suara bising pesawat, sepatu keamanan, jaket neon, dan tongkat LED. 

  • Menjadi Kepanjangan Mata Pilot

Kehadiran marshaller paling penting untuk pilot sebab mereka menjadi kepanjangan mata pilot.

Marshaller bertugas beri panduan pesawat dari mulai lepas landas, pendaratan, hingga dengan ketika akan parkir.

Mereka berkomunikasi lewat gerakan badan untuk menyerahkan isyarat yang jelas untuk pilot.

Dalam prosesnya, mereka pun harus meyakinkan bahwa jalur pesawat terbebas dari segala benda asing.

  • Jalur Koordinasi Penting

Profesi ini menjadi di antara jalur koordinasi di penting, sebab tugasnya berhubungan dengan lepas landas dan pendaratan pesawat.

Ketika pesawat berkeinginan mendarat, pilot bakal berkomunikasi dengan pengendali di bandara.

Kemudian pilot pun berkomunikasi dengan teknisi perawatan yang akan menyerahkan informasi parkir untuk marshaller.       

RELATED ARTICLES

Most Popular