Home Gaji Tinggi Berapakah gaji tukang parkir pesawat? dan apa saja syaratnya?

Berapakah gaji tukang parkir pesawat? dan apa saja syaratnya?

17
photo of airplane
Photo by Thomas Petit-Roche on Pexels.com

Karlotapost.com – Marshaller atau tukang parkir pesawat bertugas mengomandoi pesawat yang bakal parkir atau menghampiri ke garbarata di apron bandara. Merujuk sekian banyak  sumber, di luar negeri, profesi marshaller memiliki gaji tinggi yang berkisar dari Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar per tahun. 

Bergantung pada maskapai yang memperkerjakan dan empiris yang dimiliki. Dengan gaji sebanyak itu apakah benar demikian, yuk simak Berapakah gaji tukang parkir pesawat? dan apa saja syaratnya via karlotapost

Besaran gaji marshaller atau juru parkir pesawat menjadi pembicaraan hangat netizen belakangan ini. Berapa sih sebenarnya?
Ilustrasi tukang parkir pesawat (image src: pinterest.com)

Apakah benar gaji tukang parkir pesawat Rp. 600 juta?

“Profesi juru parkir pesawat (marshaller) di Indonesia pasti gajinya jauh dari angka Rp 600 juta. Pernyataan tersebut tidak cukup benar,” kata Direktur operasional Gapura Angkasa Andreas Eko Novianto, sebagaimana yang dikutip dalam detikTravel, Rabu (27/1/2021).

Eko menyebut tersebut disesuaikan dengan keterampilan masing-masing negara. So, dapat jadi satu negara menyerahkan gaji yang andai dirupiahkan akan cukup besar sementara negara beda lebih kecil.

“Untuk gaji marshaller tentunya dicocokkan dengan situasi negara masing-masing, bahkan mengekor standar gaji di masing wilayah (UMR) diperbanyak tunjangan-tunjangan kemahiran yang dimiliki, lamanya bekerja (kenaikan gaji rutin), dan sebagainya,” ujar Eko.

Bahkan, di Indonesia sendiri, gajinya mengekor upah minimum di setiap daerah. Meski demikian, besaran gajinya pun pun disesuaikan dengan kemahiran dan lamanya bekerja. Rata-rata gaji tukang parkir pesawat di Indonesia sedang di kisaran angka Rp4-6 juta per bulan.

Marshaller (image src: pinterest.com)

 Apa saja kriteria menjadi marshaller?

 “Profesi ini tidak membutuhkan sekolah atau edukasi tertentu yang memakan masa-masa lama dan ongkos yang besar. Hanya dibutuhkan latihan sebentar dan standar lisensi yang dikeluarkan oleh pihak bersangkutan,” tambah Eko.

“Mengenai lisensi, nyaris semua yang mengoperasikan kendaraan ataupun pekerjaan yang bersangkutan langsung dengan pesawat terbang diharuskan mempunyai lisensi cocok bidangnya masing-masing; teknisi, pengemudi mobil pendorong/penarik pesawat, pengemudi mobil penarik kargo/bagasi penumpang, tergolong juru parkir pesawat,” Eko menegaskan. adapun dalam deckarenas.com diterangkan bagaimana menjadi tukang parkir pesawat

  • Pria dan pun wanita dapat memiliki peluang sama

Bagi anda para perempuan yang merasa hendak menjadi seorang tukang parkir pesawat, tidak butuh bekecil hati dan pun minder melulu karena gender kamu. Karena memang untuk dapat bekerja menjadi seorang parkir pesawat. Pria dan pun wanita dapat memiliki peluang yang sama. Jadi andai kamu wanita, kamupun bisa.

  • Pendidikan minimal

Untuk dapat menjadi tukang parkir pesawat, kriteria menjadi tukang parkir pesawat selanjutnya yang pun perlu anda ketahui ialah yang satu ini. Pendidikan paling tidak yang mesti anda kantongi ialah SMA/SMK sederajat. Tentunya untuk kamu yang merasa alumni SMA kamu dapat memiliki peluang menjadi seorang parkir pesawat.

  • Usia maksimal

Lebih lanjut lagi, pasti saja terdapat batasan umur maksimal yang pun harus tetap diacuhkan oleh anda semua. Syarat maksimal usia guna seorang tukang parkir pesawat ialah 24 tahun. Itu telah menjadi umur maksimal dalam kriteria itu tentunya.

  • Tinggi badan

Untuk tinggi badan, pun sudah pasti ada kriteria dan pun minimalnya tertentu. Catat sebab ini tidak kalah urgen dengan yang sebelumnya. Untuk lelaki tinggi minimalnya mesti 165 cm, lantas untuk wanita anda harus mempunyai tinggi minial 157 cm. tidak cukup dari itu, bakal sangat untuk kamu guna melamar kegiatan tersebut.

  • Syarat lainnya

Tidak melulu berhenti pada sebanyak syarat diatas saja. Kamu pun harus dapat memperhatikan kriteria yang satu ini. Karena memang tidak kalah urgen dengan sebanyak syarat di atas. Kamu mesti sehat fisik dan rohani, mempunyai penampilan yang menarik, tidak buta warna dan pun hepatitis, serta tak kalah urgen yaitu, belum menikah.

Simak selengkapnya:
  • https://www.sulawesiflight.com/gaji-marshaller-alias-tukang-parkir-pesawat-di-indonesia-berapa-ya-mau-ambil-licensi-marshaller-di-sulfec-aja-semua-licenci-lengkappppp/
  • https://travel.detik.com/travel-news/d-5351747/gaji-marshaller-alias-tukang-parkir-pesawat-di-indonesia-berapa-ya
  • https://deckarenas.com/syarat-menjadi-tukang-parkir-pesawat/