Selasa, Agustus 9, 2022
spot_img
More

    Latest Posts

    Wukuf di Arafah Diperkirakan Jatuh pada Jumat 8 Juli, Idul Adha 9 Juli.

    Karlotapost News – Berdasarkan Jadwal Perjalanan Haji (RPH) tahun 1443H/2022M yang diterbitkan Kementerian Agama, pelaksanaan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah 1443 diperkirakan pada 8 Juli 2022 atau hari Jumat. Jika itu benar, haji tahun ini berpeluang besar di hari Jumat.

    Jamaah haji akan melakukan wukuf di Arafah pada hari Jumat tanggal 9 Dzulhiyyah yang bertepatan dengan tanggal 8 Juli 2022. Dengan demikian, shalat Idul Adha di Arab Saudi jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022.

    Wukuf adalah inti dari haji. Tahun ini Wukuf dilaksanakan pada hari Jumat yang dikenal dengan Sayyidul Ayyam, sehingga haji sering disebut dengan Ziarah Agung.

    Dikutip dari rri.co.id, Ketua Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat mengatakan, jemaah akan menggelar rangkaian wukuf di Arafah pada 8 Juli 2022, sejak waktu Zuhur.

    “Setelah Maghrib, jamaah akan mulai ke arah Muzdaliffah. Mudah-mudahan, itu akan siap sebelum tengah malam. Biasanya perpindahan ke Muzdaliffah berlangsung hingga pukul 01.00-02.00 dini hari,” jelasnya.

    Hidayat, yang juga Direktur Jenderal Haji dan Umrah Kementerian Agama, mengatakan petugas haji akan mengawal jemaah yang sudah berada di Muzdalifah dan mendorong mereka untuk mengambil batu dan segera pindah ke Mina.

    Di Muzdalifah, jemaah yang datang lebih dulu pada pukul 19.00 WIB. Waktu Arab Saudi, segera bergegas ke Mina untuk menunaikan Aqabah Jumrah. “Biasanya mobilisasi masyarakat ke Mina berlangsung hingga pagi hari,” jelasnya.

    Untuk mobilisasi masyarakat selama Armina, PPIH telah berkomunikasi dan menandatangani kontrak dengan Organda di Arab Saudi. “Untuk transportasi, kami memiliki kontrak dengan Naqabah (Naqabah Iis-Sayyarat) Organda Arab Saudi, yang akan diberikan kewenangan untuk mengangkut jemaah haji dari hotel ke Arafah-Muzdalifah-Mina dan kembali ke hotel,” pungkasnya.

    Kementerian Agama RI telah membentuk Satuan Operasi Khusus (SatOp) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon jemaah haji Indonesia saat menghadapi puncak ibadah haji Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

    “Stafnya hampir sama dengan perwakilan daker-daker. Jadi ketika masuk Armuzna tidak disebut lagi daker,” kata Arsad Hidayat, Ketua Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) Arab Saudi, dalam pertemuan di Mekkah, Ahad (26/6/2022).

    Haji Akbar

    Jadwal Perjalanan Haji - Haji Akbar
    Haji Akbar

    Lalu apa yang dimaksud dengan haji akbar? Aswadi, Penasehat Penasehat Wilayah Kerja Ibadah (Dacia) Mekah, membuat pernyataan. Menurutnya, ziarah akbar ini dapat memperkuat semangat beribadah bagi seluruh peziarah di seluruh dunia, khususnya jemaah haji Indonesia.

    “Karena nabi dulu itu haji wada dan haji akbar hanya sekali,” kata Aswadi kepada Hajj Media Center (MCH) di Mekkah.

    Ia menambahkan, pelaksanaan haji yang jatuh pada hari Jumat memiliki kekhasan. Karena hari Jumat adalah Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

    “Menjadi istimewa karena hari Jumat itu, tumpukannya sayyidul ayyam maka ini adalah puncak kemulian. Karena pemimpin satu minggu itu kan Jumat.”

    “Jadi kalau haji pas Jumat itu berarti adalah dilipatgandakan sesuai dengan amaliah kemulian di hari Jumat itu,” kata Aswandi.

    Menurutnya, meski memiliki potensi ziarah yang besar, tidak semua warga sekitar bisa menyelenggarakan ibadah haji tahun ini. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi telah membatasi jumlah jemaah haji di seluruh dunia.

    “Kan itu juga dibatasi oleh pemerintah Saudi, sekarang ini bayar toh, bayar tasyrik sekitar Rp14 jutaan. Kalau dulu memang gratisan dan orang pada tertarik, kalau sekarang tertarik tapi terhalang oleh perekonomian,” lanjut guru besar Alquran dan Tafsir di UIN Sunan Ampel Surabaya.

    Selengkapnya:

    Itulah info Jadwal Perjalanan Haji 2022ii 2022

    Untuk lebih banyak berita seperti ini, periksa halaman berita kami.

    Ikuti Karlotapost.com di Twitter dan Facebook untuk pembaruan berita terbaru.

    Kamu juga bisa mendapatkan artikel Karlotapost.com dikirim langsung ke perangkat Anda secara gratis dengan. Daftar untuk mendapat kabar terbaru dengan menekan tombol bell merah di sudut kanan bawah layar ini.

    Latest Posts

    spot_imgspot_img

    Jangan Lewatkan