Kamis, Mei 19, 2022
BerandaRamadhanJadwal Sholat dan Imsak Gorontalo Kemenag

Jadwal Sholat dan Imsak Gorontalo Kemenag

Sebelum mengetahui Jadwal sholat dan imsak Gorontalo Kemenag alangkah baiknya kita memantapkan pengetahuan mengenai Sholat dan Imsak

Sholat lima waktu merupakan perintah Allah yang wajib dilakukan setiap hari. Tetapi, banyak alasan umat islam yang menunda ibadah hingga telat, bahkan sampai terlewati.

Masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan waktu imsak untuk memulai puasanya. Artinya ketika sudah tiba jam yang ditetapkan pada jadwal, mereka umumnya benar-benar menghentikan makan dan minum serta hal-hal lain yang membatalkan puasa. Hal ini tidaklah benar. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 187 yang artinya:

“Makan dan minumlah kamu hingga tampak jelas benang putih dari benang hitam yakni fajar.” 

Fajar yang dimaksud di sini adalah waktu salat subuh. Hal ini diperkuat dengan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari. Dari Ibnu Umar dan Aisyah Radhiyallahu ‘anha, bahwasannya suatu malam Bilal mengumandangkan adzan. Rasulullah lalu berkata, 

“Makan dan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum beradzan. Dia tidak akan mengumandangkan adzan sampai terbit fajar.”

Menurut Imam An-Nawawi Rahimahullah, hadis tersebut menunjukkan bahwa umat Islam diperbolehkan untuk makan, minum bahkan berhubungan suami-istri serta hal-hal lain yang membatalkan puasa (namun tidak melanggar syariat) hingga terbit fajar.

ini dia Jadwal Sholat dan Imsak Gorontalo Kemenag dan Sekitarnya

jadwal imsak gorontalo 2015, jadwal sholat gorontalo dan sekitarnya 1436 hijriah
Jadwal Sholat dan Imsak Kemenag
Gorontalo +8 dan Sekitarnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Most Popular