Sabtu, Desember 3, 2022
spot_img
More

    Orang Paling Cari

    Jurusan S1 Pendidikan Islam

    Karlotapost.com – Untuk lulus dengan gelar sarjana pendidikan Islam setelah menyelesaikan studi Anda, Anda biasanya akan belajar di S1 ​​Sarjana Pendidikan Islam selama 4 tahun, atau 8 semester. Jurusan Pendidikan Islam akan memberikan gelar Sarjana Pendidikan kepada lulusannya. Nah, tahukah Sobat Karlota? Islam adalah ilmu yang sangat luas. Berbagai program akademik, termasuk Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Muamalah, Sejarah dan Budaya Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, dan banyak lainnya sering tersedia untuk mahasiswa sarjana.

    Di Jurusan S1 Pendidikan Islam, Anda dapat mengambil mata kuliah Bahasa Arab, Akhlak dan Tasawuf, Ilmu Tauhid, Ushul Fiqh, Quran, Al-Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Filsafat Islam, Aqidah Hadits, Ulumul Hadits, Ulumul Quran, Tahfidz Quran, Tahfidz Al-Hadits, Studi Buku Sekunder Present, Buku Tafsir Modern-Kontemporer Lulusan S1 Pendidikan Islam juga memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan studi pascasarjana. Berbagai universitas bergengsi baik di dalam negeri maupun luar negeri bisa Anda manfaatkan sebagai referensi. Beasiswa yang tersedia juga tak kalah menarik loh Sobat Karlota!

    Gelar S1 Sarjana Pendidikan Agama Islam

    Lulusan jurusan tarbiyah diberikan gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I.) oleh perguruan tinggi agama Islam di Indonesia. Ada beberapa jurusan Tarbiyah, antara lain Pendidikan Bahasa Inggris/Tadris (PBI/TBI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Bimbingan dan Konseling (PM/TM), dan Pendidikan Matematika/Tadris (PBI/TBI).

    Kementerian Agama Republik Indonesia sejak tahun 2016 menghapus penggambaran Islam dari gelar S1 Sarjana Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I), mengubahnya menjadi semata-mata gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 33/2016.

    Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Agama Islam?

    Lulusan studi Islam dapat mengambil manfaat dari berbagai hal.

    • Kamu akan jadi seorang cendekiawan Agama Islam yang bisa berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Agama Islam.
    • Selain jadi Guru Agama, Dosen, atau tenaga pendidik, lulusan Agama Islam juga bisa lho berkarier sebagai pengawas pendidikan Islam.
    • Lulusan Ilmu Agama Islam punya bekal untuk mengelola pusat pembelajaran agama, seperti pondok pesantren, rumah tahfidz, dan sebagainya.
    • Menjadi pengusaha juga pilihan yang baik lho Sobat Karlota. Misalnya dengan membuat buku-buku dongeng anak atau kisah Nabi dan Rasul, dengan begitu kamu juga bisa sekaligus berdakwah lewat buku-buku yang dijual.
    Terkait:  Tips Membuat Proposal Kerja Praktek Agar diterima di Perusahaan Bonafit

    Prospek Kerja Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam

    Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam diproyeksikan sebagai Guru mata pelajaran PAI pada /MTS/SMP/MA/SMA/ SMK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi. Selain itu, juga bisa menjadi Enterpreneur PAI dan Da’i yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, kreatif dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

    Untuk sobat Karlota yang bertanya-tanya Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam bisa kerja apa? Gak usah khawatir sebab, Lulusan Ilmu Agama Islam dibutuhkan di berbagai bidang. Misalnya lulusan Pendidikan Agama Islam diproyeksikan untuk menjadi Guru Agama baik di sekolah dasar maupun di sekolah menengah. Lulusan Aqidah dan Filsafat Islam bisa berkarier sebagai dai atau pendakwah. Jadi, ada banyak peluang karier yang menanti lulusan Ilmu Agama Islam. Jenis dan jenjang kariernya pun cukup bervariasi. Hal ini biasanya mengacu pada prestasi kerja. Besaran penghasilannya pun sangat bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, level yang dimasuki, dan pengalaman yang dimiliki. Berikut berapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

    • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
    • Pegawai Bank (Account Officer)
    • Video Editor
    • Guru SMP/SMA
    • Guru Sekolah Dasar (SD)
    • Dosen
    • Penulis (Content Writer)

    S2 Magister Pendidikan Agama Islam

    Magister Pendidikan Agama Islam bertujuan melahirkan Magister (S-2) yang mampu menguasai ilmu-ilmu dasar Studi Islam, mempunyai kemampuan metodologis dalam mengembangkan studi-studi ke-Islaman, serta mampu memahami dan menganalisa fenomena sosial-keagamaan yang berkembang dalam masyarakat. Lulusan Program Studi Agama Islam menyandang gelar kesarjanaan Magister Pendidikan Agama (M.Pd).

    Terkait:  9 Manfaat dan Cara Membuat Proposal PKM Kewirausahaan

    Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, didasarkan pada suatu pandangan pendidikan yang berwawasan masa depan, yakni pendidikan yang dalam pelaksanaannya selalu mempertimbangkan perkembangan yang akan terjadi di masa depan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran keilmuan Islam dan dinamika masyarakat. Atas dasar pemikiran ini, visi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam adalah menjadi lembaga pendidikan Magister Pendidikan Agama Islam yang unggul di tingkat nasional dan regional Asia Tenggara tahun

    Pusat keunggulan yang mampu mengembangkan etos dan tradisi keilmuan berdasarkan cita-cita spiritual dan kemanusiaan dalam paradigma keilmuan Islam serta perkembangan ilmu pengetahuan pada saat ini dan di masa yang akan datang. Dengan ini diharapkan, produk yang dihasilkan dari program ini adalah seorang magister, disamping mampu menguasai dan mengembangkan tradisi keilmuan dalam Islam, juga memiliki wawasan yang terbuka yang melampaui batas-batas keilmuan, bahkan juga ideologi dan agama.

    Prospek Lulusan S2 Magister Pendidikan Agama Islam

    Setelah menyelesaikan studi, lulusan program studi ini dapat menekuni pada berbagai pilihan profesi, yaitu

    1. Pendidik dan pemimpin di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam, baik sebagai guru maupun dosen.
    2. Peneliti pada bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam.
    3. Inovator di bidang pembelajaran pendidikan agama dan keagamaan Islam.

    Beban dan Lama Studi

    Beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam sekurang-kurangnya 42 SKS yang didalamnya terdiri dari mata kuliah wajib dan penulisan tesis, masa studi 1,5 (satu setengan tahun) hingga 4 (empat) tahun.

    Terkait:  Bagaimana Cara Menggunakan 2 WA Dalam 1 HP

    Gelar Akademik

    Program studi Magister Pendidikan Agama Islam memberi gelar kepada lulusannya Magister Agama Pendidikan Islam (M.Pd).

    Tujuan Magister Pendidikan Agama Islam

    • Menghasilkan magister yang memiliki kompetensi personal, pedagogis, profesional, dan sosial, sebagai pendidik dan pemimpin di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam.
    • Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan metodologis untuk pengembangan IPTEKS di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam dengan pendekatan inter dan multidisipliner yang terpublikasikan di forum ilmiah dan jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.
    • Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan melakukan pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan inter dan multidisipliner di bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam.
    • Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan inovasi di bidang pembelajaran pendidikan agama dan keagamaan Islam.

     

    S1 Sarjana Pendidikan Islam
    S1 Sarjana Pendidikan Islam

    Referensi:

    • Campus.quipper.com/majors/id-ilmu-agama-islam
    • pmb.IAINPonorogo.ac.id/program-studi/s1-pendidikan-agama-islam/
    • Id.Wikipedia.org/wiki/Sarjana_Pendidikan_Islam
    • MAG.UMM.Ac.Id/#:~:text=Program%20studi%20Magister%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20memberi%20gelar%20kepada%20lulusannya,Islam%20(M.Pd).

    Latest Posts

    Jangan Lewatkan