Home news Pakar Biomolekuler Meminta Penyebar Hoaks Vaksin Penyebab Hepatitis Akut Ditindak Tegas

Pakar Biomolekuler Meminta Penyebar Hoaks Vaksin Penyebab Hepatitis Akut Ditindak Tegas

36

KARLOTAPOS-News- Pakar Biomolekuler Ahmad Hutomo (Ah) mendesak agar pelaku penyebar hoaks melalui akun media sosial terkait vaksin covid-19 bisa mengakibatkan hepatitis akut misterius di tindak tegas.

Penyebar Hoaks Vaksin Penyebab Hepatitis Akut Ditindak Tegas
Ilustrasi Foto: Wartakotalive.tribunnews.

Menurutnya, akun penyebar informasi hoaks itu, menambah keresahan pada masyarakat sebab mayoritas anak yang terdampak bahkan belum atau tidak mendapatkan vaksin covid-19.

“Menindak tegas akun medsos yang menviralkan hoaks vaksin sebagai penyebab hepatitis akut, terutama akun antivaks yang memperkeruh suasana,” ucap Ahmad kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/5).

Lebih lanjut Ia menyebut sampai saat ini pemerintah masih menyelidiki penyebab penularan hepatitis akut misterius tersebut. Pihaknya menyarankan agar pemerintah menambah surveilans agar penyebabnya penyakit itu cepat terdeteksi.

“Harus meningkatkan surveilans kasus tersebut dan melakukan penelitian mendalam mencari penyebabnya,” lanjut Ahmad.

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para orang tua dan sekolah terkait gejala-gejala yang terjadi. Ia menyebut orang tua perlu mewaspadai anak-anaknya yang tiba tiba mengalami diare dan mata kuning.

“Melakukan edukasi bagi ortu dan guru seperti melalui jejaring sekolah untuk mewaspadai anak anak yang bergejala seperti mata kuning, diare dan muntah untuk membawanya ke faskes,” tambahnya

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI)Zubairi Djoerban menyangkal adenovirus yang di duga sebagai penyebab hepatitis misterius ini berhubungan dengan vaksinasi covid-19.

Zubairi menyebut sejauh ini hipotesa tersebut belum terbukti atau di dukung data penelitian. “Hipotesis ini tidak di dukung data,” ungkap Zubairi melalui akun Twitternya @profesorzubairi, Senin (2/5).

“Karena sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi covid-19,” pungkasnya.

Sumber: CNN Indonesia “Pakar Desak Tindak Penyebar Hoaks Vaksin Penyebab Hepatitis Akut”