Jumat, Februari 3, 2023
spot_img
More

    Orang Paling Cari

    Tips Agar Tetap Fokus Dan Tidak Pegal Saat Mudik

    KARLOTAPOS-Artikel- Tips Agar Tetap Fokus Dan Tidak Pegal Saat Mudik, untuk kamu yang hendak untuk pulang kampung atau mudik lebaran, beberapa hal harus diperhatikan supaya terhindar dari pegal dan tetap fokus selama perjalanan, yuk simak apa saja poinnya.

    Tips Agar Tetap Fokus Dan Tidak Pegal Saat Mudik
    Ilustrasi : Sumber Foto buddyku.com

    Ini Poinnya Tips Agar Tetap Fokus Dan Tidak Pegal Saat Mudik

    1. Makan secukupnya

    Jika mudik dilakukan saat masih berpuasa, sebaiknya asupan makan sahur tidak terlalu banyak. Rendy Dijaya, peneliti dan edukator kesehatan Nutrifood Research Center, berkata terlalu banyak makan akan memberikan asupan kalori cukup tinggi buat tubuh.

    1. Makanan dipecah dalam porsi kecil

    Ketika mudik dilakukan di luar masa puasa, ada baiknya makan tidak dipusatkan dalam satu waktu dan dalam porsi besar. Anda bisa memecah porsi makan dalam porsi kecil dan dikonsumsi lebih sering.

    1. Tidur cukup

    Usahakan sebelum berangkat, Anda cukup tidur. Aldis berkata, tidak hanya pengemudi yang harus cukup tidur, penumpang pun demikian. Paling tidak, tidur selama tujuh jam atau lebih saat malam.

    1. Peregangan

    Awali perjalanan mudik dengan peregangan dan lakukan rutin selama perjalanan. Saat perjalanan jauh, usahakan melakukan peregangan saat istirahat di rest area.


    Peregangan ini mulai dari kepala dengan tahan di satu posisi selama beberapa detik termasuk menunduk, menengadah, geleng ke kanan dan kiri.

    Kemudian lanjutkan pada tangan dengan luruskan tangan ke depan lalu tarik telapak tangan ke arah belakang. Pada tangan juga bisa dengan tarik ke kanan atau kiri melintasi dada.

    Terkait:  Langkah Menghindari Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah

    Peregangan pada kaki dengan cara menekuk lutut hingga menyentuh dada dan tahan beberapa detik. Setelahnya, lakukan gerakan dinamis misalnya jalan kaki sebentar, menggerakkan tangan dan kepala.

    1. Cukupi hidrasi


    Tetap cukupi kebutuhan cairan selama perjalanan. Kadang orang memilih untuk tidak minum karena tidak ingin kebelet buang air kecil. Padahal minum tidak harus di satu waktu dan banyak



    Kemudian kebutuhan cairan bisa didapat dari buah-buahan sebagai camilan selama perjalanan. Anda mendapat asupan cairan sekaligus serat agar tidak mudah lapar.



    Sumber: CNN Indonesia 5 Tips Mudik Aman, Anti Pegal dan Tetap Fokus

    Latest Posts

    Jangan Lewatkan