Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBisnisUsaha Laundry. Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Usaha Laundry. Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Usaha Laundry masih menjadi pilihan dan tetap eksis hingga saat ini. Betapa tidak, kebutuhan akan laundry yang cepat dan bersih bagi sebagian orang sudah menjadi ketergantungan.

Di kota-kota besar kebutuhan akan laundry pakaian terus mengalami inovasi sesuai dengan permintaan konsumen.

Bahkan beberapa tahun belakangan ini usaha usaha laundry semakin banyak diminati dan dapat dikatakan menjamur, karena dengan berbagai kemudahan pemasaran lewat internet.

Karena kemudahan dari usaha ini yang tidak banyak menuntut Anda harus memiliki skill. Maka dari itu banyak sekali para pengusaha pemula yang memulai untuk usaha laundry.

Keuntungan

1. Banyak yang butuh

Membuka jasa laundry adalah pilihan bisnis yang tepat, karena kamu bakal mendapatkan pangsa pasar yang luas. Namun, semua itu harus disesuaikan dengan lokasi tempat kamu membuka.
Di perkotaan padat penduduk, jasa laundry sangat dibutuhkan. Ini disebabkan karakteristik masyarakatnya yang pekerja kantoran, bekerja dari pagi sampai malam, sampai-sampai tak ada waktu untuk mencuci pakaian sendiri.
Selain di perkotaan, bisa juga di daerah kampus atau kos-kosan. Mahasiswa-mahasiswa biasanya lebih senang menaruh pakaian kotornya ke laundry, karena lebih murah dan hemat waktu ketimbang mencuci sendiri.

2. Mudah dijalankan

Bisnis laundry bisa dijalankan dengan mudah, apabila kamu sudah menggunakan mesin cuci otomatis. Bahkan, kamu bisa mengerjakannya sendiri tanpa bantuan karyawan.
Bagaimana gak mudah, orang tinggal masukkan baju ke mesin, beri detergen, pencet tombol, dan biarkan mesin mencucinya. Tugasmu nantinya paling hanya menjemur dan menyetrikanya.
Kalau langganan sudah mulai banyak, baru pikirkan lebih lanjut lagi untuk merekrut karyawan.

3. Penghasilannya lumayan

Dari segi pendapatannya juga lumayan menggiurkan. Satu kilogram, di kota-kota besar seperti Jakarta harganya bisa Rp 7-10 ribu. Sementara satu mesin cuci rata-rata bisa minimal 6 kilogram.
Artinya sekali mesin itu nyala, ia bisa mendatangkan keuntungan ke kamu sekitar Rp 42 ribu. Bayangkan kalau pelangganmu banyak, untungnya juga makin besar dong!

4. Bisa dijalankan di rumah

Bisnis laundry ternyata bisa dijalankan di rumah, kalau rumahmu memungkinkan. Sembari mencuci pakaian orang, bisa sambil ngerjain pekerjaan lainnya.
Membuka usaha di rumah berarti mengurangi beban biaya produksimu untuk menyewa tempat.
Tapi, bila bujetmu berlebih, gak ada salahnya untuk menyewa tempat baru, dan mencari lokasi yang strategis.

Kelemahan usaha laundry

laundry kiloan
Kelemahan usaha laundry kiloan

1. Modalnya lumayan besar

Membuka usaha laundry kiloan membutuhkan modal yang lumayan, khususnya dalam membeli mesin cucinya. Harga mesin cuci rata-rata di atas Rp 1 jutaan sampai Rp 3 jutaan.
Dalam satu usaha, kan gak mungkin cuma menggunakan satu mesin saja, tapi butuh paling tidak dua sampai lima.
Belum lagi ditambah dengan biaya listrik, bayar karyawan, dan biaya sewa tempat.

2. Biaya perawatannya mahal

Kalau mesin cuci sampai rusak, kamu harus siap merogoh kocek dalam-dalam, apalagi yang rusak bagian mesinnya. Harga membetulkannya bisa sampai jutaan rupiah.

3. Salah pilih lokasi, berpotensi sepi pelanggan

Memilih lokasi merupakan salah satu pertimbangan utama saat membuka usaha. Semua usaha, kalau salah menentukan lokasi, bakalan sepi pelanggan, termasuk usaha laundry.
Jangan harap usahamu bakal ramai kalau lokasinya di kompleks perumahan elite. Rata-rata keluarga yang tinggal di kompleks elite sudah memiliki pembantu rumah tangga pribadi, sehingga urusan cuci mencuci sudah diserahkan ke PRT.

RELATED ARTICLES

Most Popular