Kamis, Mei 19, 2022
Berandaibu kota negaraSudah Tau? Ini Dia visualisasi desain bangunan Istana Negara, Ibu Kota Baru

Sudah Tau? Ini Dia visualisasi desain bangunan Istana Negara, Ibu Kota Baru

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) formal diundangkan sehabis ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Selasa 15 Februari 2022. Pengesahan ini menandai langsung dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur.

Sudah Tau Ini Dia visualisasi desain bangunan Istana Negara, Ibu Kota Negara Baru Nusantara yang akan Segera Dibangun.
Visual desain garuda di bangunan Istana Negara Ibu Kota Baru. (dok. tangkapan layar IGTV @suharsomonoarfa)

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan ibu kota negara Nusantara baru yang mengusung Kota Dunia untuk Semua jadi awal peradaban baru bagi Indonesia.

“Dengan nama Nusantara, ibu kota baru Indonesia merepresentasikan rancangan kesatuan yang mengakomodasi kekayaan kemajemukan Indonesia. Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia itu jadi modal sosial untuk memajukan kesejahteraan rakyat, untuk Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan,” ujar Suharso, Kamis (17/2/2022) sebagaimana dilansir dalam liputan6.com.

Baca juga: Prakerja Gelombang 23, 212 Kabupaten Kota Dapat Prioritas

Sudah Tau Ini Dia visualisasi desain bangunan Istana Negara, Ibu Kota Negara Baru Nusantara yang akan Segera Dibangun.
Visual desain garuda di bangunan Istana Negara Ibu Kota Baru. (dok. tangkapan layar IGTV @suharsomonoarfa)

Ibu Kota Nusantara telah disepakati dalam bentuk satuan pemerintahan tempat berwujud khusus setingkat provinsi, yang wilayahnya jadi tempat kedudukan Ibu Kota Negara.

Sebutan Otorita IKN sebagai pemerintah tempat khusus Ibu Kota Nusantara diberikan untuk merespons perkembangan jaman digital pas ini dalam memudahkan pelaksanaan segala urusan pembangunan IKN.

Terdapat tiga target utama IKN, yakni lambang identitas nasional, kota konsisten di dunia, serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di jaman depan.
Pembangunan IKN, sambung Suharso, selain sebagai usaha merubah paradigma pembangunan jadi Indonesia-sentris, juga sekaligus untuk merealisasikan visi Indonesia 2045. Dalam tiap-tiap prosesnya, pembangunan IKN akan melibatkan masyarakat lebih kurang Kalimantan Timur.

“Masyarakat lokal partisipasinya luas, apakah turut dalam membangun, apakah turut dalam bekerja, seluruhnya terbuka, lapangan kerja terbuka untuk mereka,” kata Suharso.

Halaman Senjutnya: Filosofi Desain Garuda di Istana Negara Ibu Kota Baru yang Tuai Polemik

RELATED ARTICLES

Most Popular